17 July 2009

Ngomongin Soal Buku



BUKU…. Makhluk satu ini memang luar biasa… Semua orang pasti mengenalnya dan banyak yang sudah merasakan manfaatnya. Ibaratnya ia adalah jendelanya dunia. Ingat dulu waktu EsDe, kalau disuruh guru bikin kata mutiara yang ditempel di dinding, pasti nggak lupa bikin kalimat: “Buku adalah Gudang Ilmu, Membaca adalah Kuncinya.” Kalimat ini walaupun sederhana tapi memang benar adanya. Ada kaitan erat antara buku dengan aktivitas membaca. Buku akan bisa diambil manfaatnya bila sudah dibaca.

Salah satu faktor yang berperan penting bagi generasi awal di masa keemasan islam mampu menghasilkan karya-karyanya yang cemerlang adalah budaya membacanya. Bagi para ulama dahulu, buku telah menjadi sahabat karib, bahkan sudah seperti kekasih. Wajar saja bila ada dari istri-istri mereka yang merasa cemburu kepada buku.

Sayang, generasi sekarang tak banyak yang mengikuti jejak mereka. Tingkat baca yang rendah, lebih banyak nonton TeVe (termasuk ane juga he..he..). Padahal jaman dulu ‘kan banyak keterbatasannya, gak se-enak dijaman digital seperti sekarang. Bayangkan…. sekarang isi buku satu perpustakaan bisa disimpan dalam satu keping cakram.

Sebenarnya aku sendiri termasuk orang yang suka baca lho…walaupun intensitasnya masih tergolong rendah. Mulai dari buku umum, buku agama, novel, komik, de-el-el. Buku umum yang isinya berkaitan dengan sejarah paling kusuka. Selain itu, buku fiqih juga bikin aku semangat bacanya. Novel silat karya Bang Abas (Almarhum Bastian Tito) yang paling jadi favoritku, tertama serial Wiro Sableng.

Aku nih punya mimpi(baca:cita-cita) bikin perpustakaan islami sendiri. Mau kubuat perpustakaan yang isinya buku-buku, majalah islam atau yang lainnya dengan berbagai kategori, seperti Aqidah, Fiqih dan Siroh. Maka nya sampai saat ini aku rajin ngoleksi buku. Kalo lagi dapat rezeki kucoba menyisihkan untuk beli buku. Tidak harus mahal, yang penting isinya banyak manfaat. Kadang buku-buku atau majalah bekas pakaipun kubeli. Sering juga dapat buku bagus dan bermutu di toko buku loakan. Pernah ada nemuin sebuah buku kecil -waktu itu pas ada “cuci gudang” di Tropi- isinya tentang ilmu aqidah, dijual dengan harga seribu rupiah. Wah, kayaknya penjualnya gak tau kalo buku itu sebenernya tinggi banget nilainya. Padahal dengan mengamalkan isi buku itu, insyaAlloh orang bisa masuk sorga. Bayangin aja, ilmu akherat dihargai seribu rupiah.

Untuk dapetin buku bagus dengan harga murah memang harus pandai-pandai kita untuk cari kesempatan. Misalnya kalo lagi ada pameran buku atau book fair, buruan deh… atau kalo pas ada musim diskon. Biasanya kalo Ramadhan banyak buku-buku agama didiskon. Kalo perlu yang bajakanpun oke juga (He..he..). Milih buku pun harus jeli, karena gak semua buku lurus fikrohnya. Banyak buku sesat yang dijual bebas tapi bisa Best Seller.


Sejak masih EsDe di kampung dulu, aku udah gemar ngoleksi buku. Waktu itu paling suka beli komik Gareng Petruk karya Tatang S. Terus seneng juga ngumpulin komik kisah para Nabi, majalah Bobo dan Ananda. Tapi semua koleksi komik-ku itu kini udah pada lenyap entah kemana karena tak terawat sejak pindah sekolah SMU di kota. Yang masih eksis tinggal koleksi novel silat Wiro Sableng.

Tentang Novel Wiro Sableng yang legendaris ini ada ceritanya sendiri. Pertama kali kenal sama ini novel gara-gara dikenalin oleh Bapakku waktu kelas empat Es De. Ternyata Bapak dulu juga seneng bacanya. Ternyata emang keren banget Bro…. Waktu Es-Em-Pe novel ini sering kubawa ke kelas, dibaca bareng temen-temen kalo pas gak ada guru. Pernah kena razia sama guru, mungkin dikiranya novel porno. Saking nge-Fans-nya, kukumpulin terus sampe zaman kuliah. Tapi sejak meninggalnya Bang Abas tahun 2006 lalu, berhenti deh ngoleksi Si Wiro. Tapi Alhamdulillah masih bisa dapetin versi PDF-nya di internet, hasil berbagi sama teman-teman di komunitas penggemar karya Bang Abas.

Nah Sejak masa kuliah itu mulailah kenal sama yang namanya pengajian islam di kampus. Terus mulai deh ngoleksi buku ato majalah keislaman. Mulai dari Sabili, Tarbawi, Saksi sampai Ghoib. Kadang-kadang Annida atau Ummi. Ada juga Majalah As-Sunnah, Qiblati, Elfata, Asy-syari’ah, Fatawa, Al-Furqon dan NIKAH. Anehnya, waktu kuliah dulu tak banyak buku kuliah yang kubeli, mungkin cuma beberapa buku yang masih bisa dihitung pake jari tangan, sebagian foto kopian pula dan lebih banyak buku agama yang kupunya. Padahal kuliah udah ngabisin waktu 7 taon tuh (wuekh…!!! jadi mahasiswa abadi).

Sampai kini koleksiku memang belum banyak, tapi lumayanlah… bisa jadi bahan referensi, minimal untuk diri sendiri. Hitung-hitung bisa juga dipake dakwah kecil-kecilan dengan minjemin ke orang lain. Soalnya aku ‘kan gak pandai dakwah dengan ngomong di depan orang banyak. Tapi sayang beberapa koleksiku yang dipinjam teman gak pada balik lagi, pada lupa (atau pura-pura lupa) balikinnya, ikhwah juga sih yang minjem. Tapi husnuzhon aja, mungkin karena ukhuwahnya terlalu erat, terus ngerasa ikut memiliki, jadi ya nggak dibalikkin deh…. He..he..

4 comments:

iluvtari said...

klo aku sukanya buku2 berkualitas.. tapi yg gratisan!

Djoko Sableng said...

Wah, Kalo buku yg model kayak gitu ya bikin buku sendiri aja Mbak, terus dibagiin ke temen2 secara gratis pula.... adil kan?

Anonymous said...

klo ane paling seneng buku2 terbitan pro-u, uswah,poko-e yg bikin efek berpikir
ane jg pengen banget punya toko buku sendiri T_T

Surfi said...

Asslm....

Post a Comment