01 March 2010

Hobi

Ngomongin soal hobi, maka setiap orang pasti punya hobi. Melakukan kegiatan yang sudah jadi hobi bisa memberikan kenikmatan tersendiri. Hobi juga dapat menjadi hiburan yang bisa mengurangi stres. Kalau sudah bisa menyalurkan hobi, hati akan terasa senang dan puas. Orang yang memiliki suatu hobi akan senang bila bertemu dengan orang yang punya hobi yang sama. Lalu biasanya membentuk club hobi tertentu.

Saya punya beberapa hobi, salah satunya di bidang seni, khususnya seni grafis. Kegiatan gambar-menggambar inilah yang paling saya sukai. Bikin gambar kartun atau komik adalah kegemaran saya. Yang paling saya senangi adalah menggambar sketsa dengan pensil 2B atau 3B. Sebenarnya melukis dengan cat air atau cat minyak saya juga suka, tapi karena tidak terlalu menguasai tehniknya maka saya jarang memakainya.

Alhamdulillah, Allah memberikan saya kemampuan menggambar sejak kecil, yang katanya sih itu bakat. Tapi kayaknya bakatnya masih terpendam agak dalam. Seingat saya, sejak usia pra sekolah, saya sudah senang corat-coret. Waktu belum sekolah dulu, bahkan hampir setiap hari bisa menghabiskan satu buku gambar untuk melukis. Saya ingat ketika itu satu buku gambar ukuran kecil harganya Rp 75,- itu sekitar tahun ’89-an. Waktu kecil saya pernah bercita-cita jadi seorang seniman atau pelukis. Bapak pernah punya rencana mau menyekolahkan saya di ISI, dekat kampung halaman di Jogja sana. Tapi itu dulu....

Kalo sudah melihat hasil gambar saya, beberapa teman ada yang menyarankan untuk mengkomersilkannya. Tapi saya masih belum berfikir untuk itu. Menggambar untuk kesenangan sendiri aja sebenarnya udah cukup bagi saya. Alhamdulillah kalau ada teman yang juga bisa menikmati karya saya.

Kalau ada teman yang tanya, gimana sih biar bisa mengambar? Apakah harus punya bakat ? Sebenarnya peran bakat hanya sebagian kecil saja. Kunci yg paling utama untuk bisa menggambar adalah banyak latihan dan terus berlatih biar bisa menghasilkan gambar yang bagus. Untuk pemula, menggambar dengan mencontoh gambar lain adalah cara yang paling disarankan. Nanti kalau sudah terbiasa, bisa menciptakan karakter sendiri yang khas. Hasil gambar saya sebenarnya juga belum bisa dibilang bagus dan rapi. Sampai saat ini pun saya masih belajar dan terus belajar mengasah kemampuan menggambar. Makanya kalau pas ketemu teman yang sama-sama hobi menggambar, saya senang sekali, bisa berbagi ilmu.

Di era digital sekarang ini, perangkat-perangkat menggambar semakin canggih dan menakjubkan. Saat ini saya lagi ‘tergila-gila’ dengan namanya Photoshop. Udah sekitar dua tahun terakhir saya berkenalan dengannya. Dan hasilnya, sungguh sangat ekspresif sekali. Bisa dipakai untuk lucu-lucuan. Dulu waktu masih punya akun di Facebook (sekarang nggak ada lagi), saya sering meng-usil-i teman-teman. Caranya dengan mengedit foto-fotonya, ditambahi atau dikurangi sehingga jadi tampak lucu, kemudian di upload lagi ke dinding Fb-nya. Photoshop juga bisa bikin foto wajah kita yang ganteng berubah jadi lucu, atau wajah yang kurang ganteng jadi tambah jelek.

Kalau sudah keasyikan mengotak-atik foto, saya sering lupa waktu. Mata melek di depan komputer mulai dari ba’da isya sampai jam 3 pagi sudah biasa. Padahal cuma bermodal Photoshop Portable versi 7 atau 8 di flashdis dan komputer pinjaman. Maklumlah, belum punya komputer sendiri. Pengennya sih nanti bisa punya Laptop dan kamera sendiri.

Hobi menggambar ternyata sangat pas jika dipadukan dengan teknologi. Sebenarnya banyak software canggih yang bisa dipakai untuk mengolah gambar, tapi baru Photoshop yang saya bisa. Suatu saat ingin juga bisa pakai perangkat-perangkat canggih lainnya. Kalau ada teman-teman yang bisa CorelDraw, Adobe Ilustrator ataupun program yang lainnya, mohon untuk membagi ilmunya, saya akan sangat senang sekali.


Kamus:

ho·bi n kegemaran; kesenangan istimewa pd waktu senggang, bukan pekerjaan utama

(Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI/ http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php)

2 comments:

andiyoyo said...

wah, mas djoko ini cah srawung (anak gaul) jg ya, jaka srawung... hehe..

hobi sy jg salah satunya desain grafis, suka nggambar sejak waktu masih kecil.. Sy punya pengalaman waktu masih TK dulu, ada lomba mewarnai gambar Ibu Kartini.. Sy pun mengikuti lomba itu sendiri tanpa ditemani ibu saya... Ternyata, ketika lomba telah selesai, dan sy pun sudah pulang ke rumah, ibu saya baru nyusul ke sekolah, katanya ada urusan ama ibu guru sy. Kebetulan ibu guru sy itu juri lomba mewarnai itu. Ibu saya pun melihat2 gambar2 peserta lomba. sampai pada akhirnya beliau terhenti pada satu gambar yang menurutnya sangat bagus, dan menurut beliau gambar tersebut pasti menang.. Karena nama peserta lomba tidak ditulis, hanya ada nomor kode peserta (untuk mencegah adanya kecurangan), jadinya ibu sy ga tau gambar itu milik siapa.. Ibu guru sy kemudian mengatakan bahwa pemenang lombanya memang pemilik gambar itu... Karna penasaran ibu sy mencari tau kode nomor pesertanya, dan beliau pun kaget ternyata itu adalah gambar milik anaknya... hehehe... (ceritanya kok jadi menuh2in kolom komentar ini, maaf y mas.. maklum dah lama ga nge-blog.. hehe..)

tp skarang sy dah jarang nggambar, lebih sering ngutak-atik dunia grafis digital.. ga jauh2 dari corel ma photoshop... soalnya slalu dimintain teman kampus tuk bikin poster, brosur, spanduk, dll.. padahal awalnya sy ga tau coreldraw sama sekali, soalnya sy lebih senang pake photoshop... tp karna tuntutan dari teman2 sy, akhirnya kepaksa belajar mendadak.. dan ternyata ga sia2, sampe sekarang pun tetap nyoba2 terus, walaupun hasilnya masih blum tlalu bagus..
(ni komen-nya kok jadi panjang banget ya..) :)

Djoko Sableng said...

>mas andiyoyo: saya senang Mas baca ceritanya, rupanya ada sahabat yang punya hobi sama. Tapi saya masih pemula kok Mas. Mbok ya bagi-bagi ilmunya....

Post a Comment