03 March 2010

Hobi (2)

Mengerjakan suatu hobi bagi seseorang merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Hobi dilakukan biasanya untuk mengisi waktu luang, dan bukan merupakan kegiatan pokok. Karena kalau kegiatan utama bukan disebut hobi lagi, tapi sudah jadi kewajiban. Akan lebih baik jika seseorang punya hobi pada hal-hal yang bermanfaat. Misalnya berguna untuk kesehatan, menambah pengetahuan dan keterampilan, pergaulan yang positif, atau bahkan bisa menambah penghasilan.

Hobi lebih dari satu adalah biasa bagi seseorang. Begitu pun saya. Selain dunia seni gambar-menggambar, saya paling suka bikin kliping. Aktifitas menggunting dan menempel potongan berita atau artikel dari surat kabar atau majalah sangat mengasyikkan bagi saya. Selain menyenangkan, hobi ini tidak memerlukan biaya yang mahal karena alatnya cukup dengan gunting. Biaya mungkin hanya dibutuhkan untuk beli kertas tempat menempel dan lem. Saya sendiri menggunakan buku tulis ukuran sedang atau ukuran diktat. Sebenarnya lebih bagus kalau pakai kertas HVS, tapi harganya lebih mahal. Apalagi nanti harus dijilid lagi. Kalau pakai buku tulis kan tinggal nempelin aja.

Adapun sumber bahannya biasanya saya ambil dari koran atau majalah lama. Biasanya dalam setiap edisi majalah atau koran, ada hal-hal yang menarik menurut saya. Baik itu berupa berita, artikel, atau gambar maupun yang lainnya. Karena saya sendiri nggak berlengganan surat kabar atau majalah, bahan bisa didapat dari teman, tetangga, atau dari bekas beli sendiri. Bahkan kadang kalau ketemu koran yang terbuang di jalanpun saya ambil jika ada yang menarik.

Hobi ini sudah berlangsung sekitar lima tahun. Hobi bikin kliping ini awalnya ketika masih kuliah dulu, saya sering mengumpulkan artikel dan berita tentang asuransi sebagai tambahan data dan informasi untuk membuat skripsi. Sejak saat itulah saya sering nemuin hal-hal menarik di surat kabar. Biasanya koran yang sudah dibaca akan dibuang atau dijual kiloan. ’Kan sayang sekali kalau ada sesuatu yang bermanfaat di buang begitu saja walaupun berita atau artikel lama. Bagi saya, kabar yang sudah lama berlalu jika kita kumpulkan atau dibuat kliping, akan menjadi sebuah buku sejarah. Karena yang namanya buku sejarah itu adalah kumpulan informasi dari masa lampau. Jadi tak ada yang namanya berita basi.

Yang paling sering jadi ’korban’ dan sasaran saya mencari bahan kliping adalah tumpukan koran bekas di DPW. Seperti biasa kalau surat kabar disana habis dibaca oleh Bapak-Bapak Anggota Dewan atau pengurus DPW, itu koran dikumpulin sama Mas Usup, sebelum akhirnya dijual kiloan. Nah, sebelum dijual saya acak-acak dulu.

Hingga kini sudah ada beberapa kliping yang sudah berhasil saya bukukan dengan berbagai kategori. Ada kliping tentang sejarah, artikel kesehatan, Iptek, ekonomi dan politik serta keagamaan. Kliping tentang flora dan fauna juga ada. Kumpulan kartun dan karikatur pun tak ketinggalan. Dan yang paling menarik adalah tentang fenomena-fenomena unik dan lucu di masyarakat.

Dengan buku kumpulan kliping ini saya berharap bisa menjadi dokumentasi sejarah dan sebagai bahan referensi yang berguna dimasa mendatang, minimal bermanfaat untuk diri saya sendiri. Syukur kalau ada orang lain yang bisa mengambil manfaat. Yang paling penting adalah bisa jadi hiburan.

6 comments:

Arief Rahman Heriansyah said...

Bicara masalah hobi,,,
Hmm...memang anggak ada habisnya!

HObi memang mendarah daging dalam setiap pribadi kita masing-masing.Ada yang hobi ini,ada yang hobi itu.Semua boleh dan tak ada batasnya! Tapi asalkan orang itu bisa memanfaatkan hobinya menjadi hal yang bermanfaat ataumau sungguh-gungguh untuk meraih mimpinya,,,

Weel,,,semua jadi tersa lebih bagus khan?
Salam sukses selalu dari saya:Arief,,,,

Djoko Sableng said...

Terimakasih, semoga Dik Arif juga bisa menyalurkan bakat & hobinya...

hoedz said...

Hobi .. hhmmm .... dulu aku punya hobi ngoleksi koik .. alhamdulilah sampe sekarng tersimpan rapi ... tapi udah gak di terusin ... berhubung komik sekrng mahal .. jadi mending duitnya di tabung buat beli laptop hahahaha ... ayooo ,.. sampeyan nyumbang ta cak ...

Djoko Sableng said...

>Hoedz: komik, aku yo seneng rek. opo maneh sing rasa jeruk, diombe lek pas loro watuk
(lho iku kan komik obat batuk ta?)

Kon iku kan wong sugih kok njaluk disumbang tho Cak?

Anonymous said...

assalamu 'alaikum oya akhi, ahsan gambar mahluk tak bernyawa aja

Unknown said...

saya juga suka kliping dari surat kabar. tapi cuma yang ngemuat blog saya... blog saya pernah masuk di Banjarmasinpost

Post a Comment